PENILAIAN USER EXPERIENCE FIORI BUSSIM MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONAIRE (UEQ) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH SERTIFIKASI SAP
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i1.921Keywords:
pengalaman pengguna, pemahaman pengguna, UEQ, pembelajaran, SAPAbstract
Penelitian ini menggunakan User Experience Questionaire (UEQ) dalam menilai pengalaman pengguna dari FIORI Bussim dan dilanjutkan dengan menilai pengaruh dari pengalaman penggunaan FIORI Bussim itu sendiri terhadap tingkat pemahaman dari mahasiswa/i dalam memahami proses bisnis yang terintegrasi dengan perangkat lunak SAP (System Application and Product in Data Processing) pada mahasiswa. Secara rinci, kegiatan penelitian akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu mengevaluasi kembali dan menetapkan perumusan masalah yang akan diselesaikan, melakukan studi literatur, pengumpulan data, penilaian dan konstruksi kuesioner untuk menilai pengalaman penggunaan FIORI Bussim dan pengaruhnya terhadap tingkat pemahaman penggunaan oleh pengguna yang dapat disebut sebagai tahapan post-condition, melakukan analisis dan pengujian dan mengambil kesimpulan. Hasil pengujian pada penelitian ini menggunakan User Experience Questionaire (UEQ) pada SAP-GUI (Graphical User Interface) dan FIORI Bussim dengan jumlah responden yang terlibat pada pengujian adalah sebanyak 132 orang mahasiswa yang menunjukkan hasil bahwa nilai pengalaman penggunaan FIORI Bussim lebih baik daripada SAP-GUI. Selanjutnya, nilai pengujian pada penelitian ini terhadap domain pemahaman yang dilihat dari beberapa domain yaitu domain kognitif, afektif dan psikomotorik menunjukkan bahwa lebih banyak responden yang mengalami penurunan dibandingkan peningkatan positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengalaman penggunaan yang lebih baik dari FIORI Bussim ternyata tidak serta merta membuat tingkat pemahaman terhadap proses bisnis dalam SAP menjadi lebih baik.
References
Alasem, A. N., 2013. Evaluating the usability of Saudi Digital Library's interface (SDL). In Proceedings of the World Congress on Engineering and Computer Science (Vol. 1, pp. 178-181).
Bell, S., 2014. Staying true to the core: designing the future academic library experience. Library and the
academy 14(3), 369-382 (2014)
Eidaroos, A. M., 2011. Multidimensional evaluation approach for an e-government website: A case study of e-government in Saudi Arabia (Doctoral dissertation, © Abdulhadi M. Eidaroos).
Hoque, M.E., 2016. Three Domains of Learning: Cognitive, Affective and Psychomotor. The Journal of EFL Education and Research, 2(2), pp.45-52.
Izabal, S.V., Aknuranda, I. and Az-Zahra, H.M., 2018.
Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Focus Group Discussion (FGD) pada Situs Web FILKOM Apps Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, p.964X.
Jabeen, M., Qinjian, Y., Yihan, Z., Jabeen, M., & Imran,
M. 2017. Usability study of digital libraries: An analysis of user perception, satisfaction, challenges,
and opportunities at university libraries of Nanjing, China. Library Collections, Acquisitions, & Technical Services, 40(1-2), 58-69.
Krathwohl, D.R., 2002. A revision of Bloom's taxonomy: An overview. Theory into practice, 41(4), pp.212-
218.
L.A. MacWhinnie., 2003. The information commons: the academic library of the future. Portal: Libraries and the academy, vol. 3, no. 2, pp.241-257.
Laugwitz, B., Held, T. and Schrepp, M., 2008, November. Construction and evaluation of a user experience questionnaire. In Symposium of the Austrian HCI and Usability Engineering Group (pp. 63-76). Springer, Berlin, Heidelberg.
Lukita, K.A., Galinium, M. and Purnama, J., 2018, March. User Experience Analysis of an E- Commerce Website Using User Experience Questionnaire (UEQ) Framework. In Prosiding Seminar Nasional Pakar (pp. 347-355).
Lynch, C., 2003. Colliding with the real world: Heresies and unexplored questions about audience, economics, and control of digital libraries. Digital library use: Social practice in design and evaluation, 191-216.
Pant, A., 2015. Usability evaluation of an academic library website: experience with the Central Science Library, University of Delhi. The electronic library, 33(5), 896-915.
Rauschenberger, M., Schrepp, M., Cota, M.P., Olschner,
S. and Thomaschewski, J., 2013. Efficient measurement of the user experience of interactive products. How to use the user experience questionnaire (UEQ). Example: Spanish language version. International Journal of Artificial
Intelligence and Interactive Multimedia. 2013; 2
(1): 39-45.
Raward, R., 2001. Academic library website design principles: development of a checklist. Australian Academic & Research Libraries, 32(2), 123-136
Sandusky, R. J., 2002. Digital library attributes: framing usability research. In Proc. Workshop on Usability of Digital Libraries at JCDL (Vol. 2, pp. 35-38).
Santoso, H.B., Schrepp, M., Isal, R., Utomo, A.Y. and Priyogi, B., 2016. Measuring user experience of the student-centered e-learning environment. Journal of Educators Online, 13(1), pp.58-79.
Santoso, H.B., Schrepp, M., Isal, R.Y.K., Utomo, A.Y. and Priyogi, B., 2016. User experience questionnaire: development of an Indonesian version and its usage for product evaluation. The Journal of Educators Online JEO, 13(1), pp.58-79.
Saracevic, T., & Covi, L., 2000. Challenges for digital
library evaluation. In PROCEEDINGS OF THE ANNUAL MEETING-AMERICAN SOCIETY FOR INFORMATION SCIENCE (Vol. 37, pp. 341-350).
Sardiman, A.M., 2004. Interaksi & motivasi belajar mengajar. Rajagrafindo persada (rajawali pers).
Sularsa, A., Prihatmanto, A.S. and Nugroho, E., 2015.
Evaluasi User Experiences Produk iDigital Museum dengan Menggunakan UEQ. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), pp.56-62.
Tractinsky, N., Katz, A.S. and Ikar, D., 2000. What is beautiful is usable. Interacting with computers, 13(2), pp.127-145.
Widiyanto, J. (2010). SPSS for Windows untuk analisis data statistik dan penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article