KEMAMPUAN INTRPRESTASI MAKNA DALAM TEKS BACAAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA

Authors

  • Rahmawati Fitriana Politeknik Negeri Samarinda

Keywords:

Interpretasi Makna,Teks Bahasa Inggris, Jenis Pertanyaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengamati kemampuan mahasiswa dalam menginterpretasikan makna pada teks bacaan bahasa Inggris pada program studi D3 Akuntansi, di Jurusan Akuntansi di Politeknik Ngeri Samarinda. Kemampuan mahasiswa dalam menginterpretasikan makna teks bacaan pada kegiatan membaca dengan pemahaman cukup meningkat, walaupun hasil secara keseluruhan tidak begitu signifikan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi kelas, dan test. Temuan data di analisa dengan Teori Furtus dan Teori Barret Taxonomi, teori Furtus terdiri dari main idea(6%), inference(8%), reference(12%), which of the following (16%) author’ tone (20%), vocabulary (8%), dan contituation (12%), sedangkan teori Barret Taxonomi terdiri dari literal (16%), reorganization (28%), inferential (18%), dan evaluation (14%). Mencari ide utama, inferensial, dan kosa kata ( padu padan kata, sinonim dan antonim) adalah bagian yang paling sulit di jawab bagi mahasiswa. External dan internal factor, gaya belajar, strategi belajar bahasa (pengembangan critical analisis pada teks). Kurangnya motivasi adalah beberapa faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan membaca dengan pemahaman.

References

AD, R. M., Sutarsyah, C., & Suparman, U. 2014. An Analysis Of Students’problems In Finding Main Idea Of Reading Text. U-JET, 3(7).
Anderson, N, 1999. Exploring Second Language Reading,Issues and Strategies, London Heinle & Heinle Co.Ltd
ASC English Reading, 2009. Tone.)(https://www.centergrove.k12.in.us/cms/lib/IN01000850/Centricity/Domain/490/Tone-and-Purpose.pdf
Basizew, S. 2017. An Assessment on Factors Affecting Student–Teachers’ Inferential Understanding in Reading Comprehension Practice: The Case of GilgelBeles College of Teacher Education, BenishangualGumuz Region. International Journal of Social Sciences and Management, 4(2), 148-153. Beimiller, Andrew, 2007. The Influence oof Vocabulary on Reading Acqusition (https://www.researchgate.net/publication/251801757_The_Influence_of_Vocabulary_on_Reading_Acquisition)
Clymer, 1968. The Barrette’s Taxonomy of Cognitive and Affective Dimensions of Reading Comprehension (http://joebyrne.net/Curriculum/barrett.pdf, accessed on June 15th, 2008)
Delahuntyr, P.Gerald.P, 1988. Inferential Consruction. ((https://journals.linguisticsociety.org/elanguage/pragmatics/article/download/409/409-703-1-PB.pdf)
Fitriana, R, 2010. Types of Question Used By The Teacher. thesis tidak di publikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Kispal, A, 2008. Effective Taeching of Inference Skills for Reading (https://www.nfer.ac.uk/publications/edr01/edr01.pdf)
Furtus, R, Coriat, R, Fund S, 1998. Prediction of Item Difficulty in the English Subtest of Israel's Inter-University Psychometric Entrance Test
(https://www.taylorfrancis.com › books › chapters)
Khairuddin, Kusmawati, dan Eny, 2017. Instruction, Comik Strip dan ESP Reading Comprehension. (https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/download/34/25/)
Marzuki, D,2008. Ketrampilan Reading Toefl Like Test Mahasiswa Semester V Jurusan Akuntansi Polteknik Negeri Padang (https://docplayer.info/36525947-Keterampilan-reading-toefl-like-test-mahasiswa-semester-v-jurusan-akuntansi-politeknik-negeri-padang.html)
Martini, 2002. Pengembangan Kemampuan Membaca Dengan Pemahaman Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang (http://repo.polinpdg.ac.id/320/1/522-516-1-PB.pdf)
Murpy, J. 2016. Seven Steps to Improving Reading Comprehension(https://thinkingreadingwritings.wordpress.com/2016/10/27/seven-steps-to-improving-reading-comprehension)
Nuttal, C, 1992. Teaching Reading Skills in a Foreign Language. London: Heinemann Educational Books.
Sedita, J, 2005. Effective Vocabulary Instruction (https://keystoliteracy.com/wp-content/uploads/2012/08/effective-vocabulary-instruction.pdf
Sweet, A & Snow, C, 2002. Re-conceptualizing Reading Comprehension .In Block, C. Cathy, Gambrell, B.Linda, and Pressley, Michael, (Eds) Improving Comprehension Instruction: Rethinking Research, Theory, and Classroom Practice. San Francisco: Jossey-Bass
Vacca, R.T & Vacca, J.A.L.1986. Content Area Reading. Boston: Little- Brown Company

Published

2020-06-08

How to Cite

Fitriana, R. (2020) “KEMAMPUAN INTRPRESTASI MAKNA DALAM TEKS BACAAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA”, Sebatik, 24(1), pp. 45–50. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/922 (Accessed: 23 November 2024).

Issue

Section

Articles