DAMPAK IMPLEMENTASI ISO/IEC 20000 PADA PERUSAHAAN PT. VISIONET DATA INTERNASIONAL

  • Andreas Niko Priyohutomo Universitas Kristen Satya Wacana
  • Melkior Nikolar Ngalumsine Sitokdana Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Service Management, ISO 20000, IEC 20000, ITSM, Dampak ITSM

Abstract

 

PT Visionet Data Internasional merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Information Technology (IT) yang melayani jasa total managed service. Dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan yang efektif, perlu adanya IT Service Management (ITSM) yang memanfaatkan Teknologi Informasi yang berguna untuk memberikan informasi yang berkualitas untuk pelanggannya. Proses manajemen layanan informasi yang diberikan berupa jasa pembuatan, perbaikan dan pengembangan perangkat di bidang IT. Salah satu ITSM bisa dilakukan dengan menggunakan ISO 20000. PT Visionet Data International telah menggunakan ISO 20000 sebagai framework service pada perusahaanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif terhadap IT Compliance sebagai sumber informasi untuk penelitian ini. Pada penelitian ini menghasilkan dampak implementasi penggunaan, temuan, dan rekomendasi setelah mengimplementasikan ISO 20000 pada perusahaan PT Visionet Data International. Dalam penelitian ini, menghasilkan beberapa temuan yaitu belum semua business unit menggunakan ITSM ISO 20000, kurangnya jumlah dan pengalaman SDM dalam mengimplementasikan ITSM ISO 20000. Dari hasil penelitian ini, untuk merekomendasi penerapan ITSM ISO 20000 untuk semua business unit, open recruitment dan adanya training untuk karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Andreas Niko Priyohutomo, Universitas Kristen Satya Wacana

Fakultas Teknologi Informasi

References

Aziz M. 2010. Perencanaan Information Technology Service Management (ITSM) Menggunakan ISO 20000 Pada Universitas Terbuka [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/682/1/93360-AZIZ MAULIAWATI-FST.pdf
David, F. R.2014. anajemen Strategis: Konse (Edisi ketu). PT. Prenhallindo.
Farozi, E. Al. 2011. Perancangan Perjanjian Tingkat Layanan dan Standart Proses Pengelolahan Tingkat Layanan Teknolgi Informasi Berbasis Standart ISO 20000 dan ITIL V3 2011 [Universitas Indonesia]. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20350959-TA-Erlangga Al Farozi.pdf
Fidora, C. 2016. Perancangan Service Level Agreement Layanan Teknologi Informasi Berbasis ITIL V3 2011 dan ISO 20000 Studi Kasus Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia [Universitas Indonesia]. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-6/20423845-TA-Cesilia Fidora.pdf
Irwin, L. 2019. “What is ISO 20000?”,. https://www.itgovernance.co.uk/blog/what-is-iso-20000
Peng, T. 2016. ISO 20000 Service Management System. https://www.slideshare.net/thomaspeng30/iso-2000012011-service-management-system-free-download-template
Putra, O. A. E. 2014. Perancangan Service Level Agreement dan Proses Manajemen Tingkat Layanan Teknologi Berbasis ISO 2000 dan ITIL V3 2011 pada Perusahaan Maskapai Penerbangan Kargo : Studi Kasus PT ABC [Universitas Indonesia]. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20367454-TA-Okky Andriawan Eka Putra.pdf
Taufiqurokhman. 2016. Manajemen strategic. https://moestopo.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/MANAJEMEN-STRATEGIK-Oleh-Dr.-Taufiqurokhman.-M.Si_.pdf
TÜV SÜD. 2016. ISO 20000 IT service management. https://www.tuv-sud.vn/uploads/images/1472806824456022591222/iso-iec-20000-it-information-technology-service-management-system-itsms-itil.pdf
Yusuf, R. 2016. Dampak Implementasi Iso / Iec 20000 : Studi Kasus Pt Xyz. 1–7. https://mmt.its.ac.id/publikasi/dampak-implementasi-isoiec-20000-studi-kasus-pt-xyz/
Zakaria, A. 2017. Mengenal Information Technology Infrastructure Library (ITIL V3) Secara Umum. http://smartprosolusi.com/news/mengenal-information-technology-infrastructure-%09library-itil-v3-secara-umum.html.
Published
2020-06-18
How to Cite
Priyohutomo, A. and Sitokdana, M. (2020) “DAMPAK IMPLEMENTASI ISO/IEC 20000 PADA PERUSAHAAN PT. VISIONET DATA INTERNASIONAL”, Sebatik, 24(1), pp. 29-36. doi: https://doi.org/10.5281/sebatik.v24i1.923.
Section
Articles