DAMPAK IMPLEMENTASI ISO/IEC 20000 PADA PERUSAHAAN PT. VISIONET DATA INTERNASIONAL
Keywords:
Service Management, ISO 20000, IEC 20000, ITSM, Dampak ITSMAbstract
PT Visionet Data Internasional merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Information Technology (IT) yang melayani jasa total managed service. Dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan yang efektif, perlu adanya IT Service Management (ITSM) yang memanfaatkan Teknologi Informasi yang berguna untuk memberikan informasi yang berkualitas untuk pelanggannya. Proses manajemen layanan informasi yang diberikan berupa jasa pembuatan, perbaikan dan pengembangan perangkat di bidang IT. Salah satu ITSM bisa dilakukan dengan menggunakan ISO 20000. PT Visionet Data International telah menggunakan ISO 20000 sebagai framework service pada perusahaanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif terhadap IT Compliance sebagai sumber informasi untuk penelitian ini. Pada penelitian ini menghasilkan dampak implementasi penggunaan, temuan, dan rekomendasi setelah mengimplementasikan ISO 20000 pada perusahaan PT Visionet Data International. Dalam penelitian ini, menghasilkan beberapa temuan yaitu belum semua business unit menggunakan ITSM ISO 20000, kurangnya jumlah dan pengalaman SDM dalam mengimplementasikan ITSM ISO 20000. Dari hasil penelitian ini, untuk merekomendasi penerapan ITSM ISO 20000 untuk semua business unit, open recruitment dan adanya training untuk karyawan.
References
David, F. R.2014. anajemen Strategis: Konse (Edisi ketu). PT. Prenhallindo.
Farozi, E. Al. 2011. Perancangan Perjanjian Tingkat Layanan dan Standart Proses Pengelolahan Tingkat Layanan Teknolgi Informasi Berbasis Standart ISO 20000 dan ITIL V3 2011 [Universitas Indonesia]. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20350959-TA-Erlangga Al Farozi.pdf
Fidora, C. 2016. Perancangan Service Level Agreement Layanan Teknologi Informasi Berbasis ITIL V3 2011 dan ISO 20000 Studi Kasus Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia [Universitas Indonesia]. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-6/20423845-TA-Cesilia Fidora.pdf
Irwin, L. 2019. “What is ISO 20000?”,. https://www.itgovernance.co.uk/blog/what-is-iso-20000
Peng, T. 2016. ISO 20000 Service Management System. https://www.slideshare.net/thomaspeng30/iso-2000012011-service-management-system-free-download-template
Putra, O. A. E. 2014. Perancangan Service Level Agreement dan Proses Manajemen Tingkat Layanan Teknologi Berbasis ISO 2000 dan ITIL V3 2011 pada Perusahaan Maskapai Penerbangan Kargo : Studi Kasus PT ABC [Universitas Indonesia]. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20367454-TA-Okky Andriawan Eka Putra.pdf
Taufiqurokhman. 2016. Manajemen strategic. https://moestopo.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/MANAJEMEN-STRATEGIK-Oleh-Dr.-Taufiqurokhman.-M.Si_.pdf
TÜV SÜD. 2016. ISO 20000 IT service management. https://www.tuv-sud.vn/uploads/images/1472806824456022591222/iso-iec-20000-it-information-technology-service-management-system-itsms-itil.pdf
Yusuf, R. 2016. Dampak Implementasi Iso / Iec 20000 : Studi Kasus Pt Xyz. 1–7. https://mmt.its.ac.id/publikasi/dampak-implementasi-isoiec-20000-studi-kasus-pt-xyz/
Zakaria, A. 2017. Mengenal Information Technology Infrastructure Library (ITIL V3) Secara Umum. http://smartprosolusi.com/news/mengenal-information-technology-infrastructure-%09library-itil-v3-secara-umum.html.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article