RANCANG BANGUN APLIKASI KAMUS BESEMAH BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMUDAHKAN BELAJAR BAHASA BESEMAH DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN BESEMAH KOTA PAGAR ALAM

  • Ferry Putrawansyah STT Pagar Alam
  • Siti Aminah Program Studi Teknik Informatika,STT Pagar Alam
Keywords: Kata Kunci: Kamus Besemah, Android,, RAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi kamus Besemah yang dapat digunakan pada sistem smartphone bersistem operasi Android dengan tujuan untuk digitalisasi kamus Besemah yang saat ini masih konvensional (berupa buku kamus biasa) ke Aplikasi kamus Besemah yang dapat digunakan pada smartphone berbasis sistem operasi android. Penelitian ini di latar belakang oleh mulai hilangnya bahasa asli Besemah yang digunakan dalam komunikasi sehari-hari hal ini karena banyaknya budaya lain yang masuk ke daerah Besemah dan juga kurangnya sarana serta prasarana seperti kamus bahasa besemah atau buku Besemah yang semakin lama semakin sulit didapatkan baik di perpustakaan daerah maupun di toko buku sekitar kota Pagar Alam padahal banyak user (masyarakat Besemah ataupun wisatawan yang datang ke kota Pagar Alam ) yang mencari pustaka untuk dijadikan sebagai media belajar bahasa Besemah untuk berkomunikasi, sehingga dibutuhkan aplikasi yang memudahkan mencari sumber pustaka tersebut. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman java. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Rapid, Application, Development (RAD).Hasil penelitian menggunakan metode ini yakni expert review menunjukkan nilai rata-rata 4,27 dengan kategori sangat valid. Kemudian berdasarkan hasil kuesioner yang dilakukan kepada user menunjukkan nilai rata-rata 4,3 dengan kategori sangat valid atau sangat aktif sehingga aplikasi kamus Besemah ini dapat diimplementasikan dan juga aplikasi ini dapat mengakomodir user untuk belajar bahasa Besemah sesuai kebutuhan setiap pemakai sebagai pengganti kamus berbentuk konvensional yang efektif dan efisien

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lestari, C. P., Hasibuan, N. A., & Ginting, G. L. 2016. Perancangan Aplikasi Kamus Istilah Medis Berbasis Android Dengan Algoritma Boyer- Moore. INFOTEK, 28-32.
M. Salahudin, R. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. bandung: Informatika.
Parno, D. N. 2011. Aplikasi Mobile istilah Psikologi Berbasis Android. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Sipil) Universitas Guna darma, 121-127.
Putrawansyah, F. 2018. Perancangan & Implementasi Aplikasi Kamus Teknik Sipil Berbasis Android Dengan Menggunakan Eclipse Juno. Indonesian Journal Of Computer Science, 1-7.
Suktriayu, R. E., dkk. 2017. Aplikasi Kamus Bahasa Paser-Indonesia Berbasis Android. Prosiding Seminar nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 152-154.
Safaat, N. 2014. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet Pc Berbasis Android. Bandung: INFORMATIKA.
Triady. 2014. Bedah Tuntas Fitur Android. yogyakarta: andi publisher.
Setiono, Y. 2016. pengembangan smart application translation aneka bahasa sulawesi. teknisi, 55-64.
Abidin, Z., Sari, A. P., & Nasution, R. 2015. Aplikasi Pencarian Kata Dalam Bahasa Sunda Menggunakan Algoritma Boyer Moore Berbasis Android. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1).
Published
2020-06-18
How to Cite
Putrawansyah, F. and Aminah, S. (2020) “RANCANG BANGUN APLIKASI KAMUS BESEMAH BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMUDAHKAN BELAJAR BAHASA BESEMAH DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN BESEMAH KOTA PAGAR ALAM”, Sebatik, 24(1), pp. 120-127. doi: https://doi.org/10.5281/sebatik.v24i1.932.
Section
Articles