PENGARUH KANDUNGAN DETERJEN PADA LIMBAH RUMAH TANGGA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP UDANG GALAH (MACROBRACIUM ROSENBERGII)

  • Leni Handayani Perikanan, Budidaya Perairan
Keywords: udang, deterjen, kelangsungan hidup, limbah, Survival Rate

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatuhui pengaruh limbah rumah tangga terhadap kelangsungan hidup udang galah (Macrobracium rosenbergii). Penelitian ini menggunakan 5 perlakuan dengan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah perlakuan A (0%), perlakuan B (1%), perlakuan C (3%), perlakuan D (5%) dan perlakuan E (7%). Udang sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 75 ekor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2017. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah kelangsungan hidup, gejala klinis yang ditimbulkan akibat perlakuan tersebut dan kualitas air dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa limbah rumah tangga dalam hal ini adalah deterjen memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap kelangsungan hidup udang galah (Macrobracium rosenbergii). Semakin tinggi konsentrasi deterjen maka semakin cepat respon udang sehingga dapat menyebabkan kematian. Adanya pengaruh ini diduga karena terjadinya terjadinya perubahan kualitas air selama masa penelitian sehingga mempengaruhi sistem respirasi pada udang galah, ini dilihat dari terjadinya perubahan kualitas air yang signifikan akibat bahan tersebut. Suhu media pemeliharaan (air) mengalami peningkatan sehingga berpengaruh terhadap respirasi udang, pH air juga mengalami peningkatan menjadi asam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, N. 2017. Penurunan Kadar Surfaktan Dan Sulfat Dalam Limbah Laundry. 2: 37–44.
Arizuna, M., Suprapto, D., & Muskanonfola, M. R.. 2014. Kandungan Nitrat Dan Fosfat Dalam Air Pori Sedimen Di Sungai Dan Muara Sungai Wedung Demak. 3: 7–13.
Azizah S, N. 2010. Ketahanan Tiha Strain Udang Dalah (Macrobrachium Rosenbergii) Terhadap Surfaktan Detetgen Alkylsulfate.
Dauhan, R. E. S., & Efendi, E. (2014). Efektifitas Sistem Akuaponik dalam Mereduksi Konsentrasi Amonia pada Sistem Budidaya Ikan. e-Jurnal Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan, 3(1), 297-302.
Handayani. L. 2019. Penggunaan Eksytak Akar Jeruju Untuk Meningkatkan Laju Pertumbuhandan Survival Rate Pada Ikan Patin Djambal (Pangasius Djambal). Sebatik 23: 153–57.
Kamiswari, R. 2013. Pengaruh Pemberian Deterjen terhadap Mortalitas Ikan Platy sp. LenteraBio, 2(1), 139-142.
Khairyah, U., and kismiyati Kusdarwati, Rahayu. 2012. Identifikasi Dan Prevalensi Jamur Pada Ikan Gurami (Osphoronemus Gouramy) Di Desa Ngrajek, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Journal Of acuaculture and Fish Health 1 No. 2.
Lusianti, F. 2013. Efektifitas Penggunaan Sekam Padi, Jerami Padi dan Serabut Kayu sebagai Filter dalam Sistem Filter Undergravel pada Pemeliharaan Ikan Nila Best (Oreochromis sp.). Skripsi. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.
Magfirah, M., Adhar, S., & Ezraneti, R. 2015. Efek Surfaktan Terhadap Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup Dan Struktur Jaringan Insang Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Acta Aquatica 2: 90–96.
Suci, Irianti, D. S. A., Yustiati, A., & Hamdani, H. 2016. Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Udang Galah (Macrobrachium Rosenbergii) Yang Diberi Kentang Pada Media Pemeliharaan. VII(1).
Syafitri, A. 2017. Pengaruh pemberian keong mas, cumi-cumi, dan cacing tanah terhadap performa kematangan gonad udang galah (macrobrachium rosenbergii) Skripsi, Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi, Akuakultur, Universitas Bangka Belitung).
Yuliani, R. L. 2015. Pengaruh Limbah Deterjen Industri Laundry Terhadap Mortalitas Dan Indeks Fisiologi Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Effect of Waste Laundry Deterjent Industry Against Mortality and Physiology Index of Nile Tilapia (Oreochromis niloticus). In Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, , 822–28.
Published
2020-06-18
How to Cite
Handayani, L. (2020) “PENGARUH KANDUNGAN DETERJEN PADA LIMBAH RUMAH TANGGA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP UDANG GALAH (MACROBRACIUM ROSENBERGII)”, Sebatik, 24(1), pp. 75-80. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i1.937.
Section
Articles