PEMBUATAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) LAYANAN DOMAIN DAN HOSTING MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KESENJANGAN (STUDI KASUS: DPTSI ITS)

Authors

  • Ervina Chintia Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Hanim Maria Astuti Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Febriliyan Samopa Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Sholiq Sholiq Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Almira Filiazsanti ITS

Keywords:

SOP, Analisis Kesenjangan, Tata Kelola Organisasi.

Abstract

Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) merupakan direktorat yang bertugas menyediakan dan mengelola layanan SI/TI di ITS. Dalam mengelola layanan diperlukan tata kelola untuk memastikan layanan dapat diberikan dengan baik. Tata Kelola Organisasi diterapkan untuk meningkatkan kinerja, keunggulan kompetitif, dan pencapaian tujuan bisnis. Sehingga bila tata kelola jelas, hal tersebut akan mempermudah kinerja DPTSI dalam memberikan layanan. Saat ini, DPTSI masih memiliki berbagai permasalahan terkait prosedur layanan SI/TInya. Maka dari itu diperlukan sebuah pengembangan SOP dan pada penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode analisis kesenjangan (Gap Analysis), dengan hasil akhir berupa prosedur. Pengembangan SOP yang dilakukan berupa penyempurnaan SOP yang sudah ada namun tidak bisa secara maksimal digunakan karena isi kurang jelas. Dalam pembuatan SOP akan dilakukan pengamatan terhadap kondisi dari sisi organisasi (management perception) dengan kondisi yang diharapkan dari sisi pengguna (customer expectation) terhadap SOP untuk keseluruhan layanan SI/TI yang dimiliki oleh DPTSI. Metode Analisis Kesenjangan dipilih dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna bertujuan untuk dapat memberikan kepuasan kepada customer. Hasil pengamatan terhadap kedua kondisi tersebut, selanjutnya akan dilakukan analisis kesenjangan untuk mengetahui perbedaan antara kedua kondisi untuk selanjutnya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan SOP layanan.

References

Ali, A. H. N., Sholiq, dan Prayogo, D., ‘Evaluasi Kinerja Aplikasi Indeks Pengajaran Dosen Dengan Menggunakan Gap Analysis’, J. Tek. POMITS.
Herdiyanti, A., Puspitaningrum, A. C., Astuti, H. M., & Yuhana, U. L. (2018). Pembuatan standard operating procedure pengembangan sistem informasi manajemen: studi kasus DPTSI ITS. SISFO VOL 8 NO 1, 8.
Rachmi, A., Susanto, T. D., dan Herdiyanti, A., ‘Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja Itil V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan (Studi Kasus: PT. XYZ, Tangerang)’, J. Tek. ITS, vol. 3, no. 2, pp. A175–A180, 2014.
Albrecht, B., & Pirani, J. A., ‘Using an IT Governance Structure to Achieve Alignment at the University of Cincinnati’, Educ. Cent. Appl. Res., 2004.
Hermana, B. ‘Teknik Analisis Masalah: Gap Analysis dan SWOT Analysis’. [Online]. Available: https://id.scribd.com/document/396940694/Analisis-Gap. [Accessed: 22-Mar-2019].
Boundless, ‘The GAP Model’. [Online]. Available: boundless.com. [Accessed: 22-Mar-2019].
Henderi dan Sunarya, A., ‘Peranan IT Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi ’:, vol. 2, no. 40, pp. 1–12, 2008.
Akyar, I., ‘Standard Operating Procedures (What Are They Good For ?)’, 2012.
Bianchi, I. S., dan Sousa, R. D., ‘IT Governance Mechanisms in Higher Education’, Procedia Comput. Sci., vol. 100, pp. 941–946, 2016.
Sudibyo, L., ‘Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia’, J. WIDYATAMA Univ. Veteran Bangun Nusant. Sukoharjo, vol. 20, pp. 175–185, 2011.
De Haes, S., dan Van Grembergen, W., Enterprise Governance of Information Technology, Management for Professionals. 2015.
Greene, S. S., Security Program and Policies: Principles and Practices. Pearson IT Certification, 2014.
Armoko, T., ‘Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah’, 2012.
Susanto, T. D., Manajemen Layanan Teknologi Informasi. AISINDO, 2016.
Van Grembergen, W., dan De Haes, S., ‘Moving from IT governance to enterprise governance of IT’, ISACA J. Source IT Gov. Prof., vol. 3, 2009.

Published

2020-06-10

How to Cite

Chintia, E., Astuti, H. M., Samopa, F., Sholiq, S. and Filiazsanti, A. (2020) “PEMBUATAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) LAYANAN DOMAIN DAN HOSTING MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KESENJANGAN (STUDI KASUS: DPTSI ITS)”, Sebatik, 24(1), pp. 59–67. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/942 (Accessed: 26 April 2024).

Issue

Section

Articles