SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS LOCAL AREA NETWORK (LAN) PADA UNIT USAHA TOKO DI KOPERASI TENAGA KERJA BONGKAR MUAT (TKBM) SAMUDERA SEJAHTERA SAMARINDA

Authors

  • Ahmad Rofiq Hakim STMIK Widya Cipta Dharma
  • Azahari Lathyf STMIK Widya Cipta Dharma
  • Nur Rosita STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Sistem Informasi, Penjualan Barang Unit Usaha Toko

Abstract

Penelitian dilakukan untuk dapat membuat sebuah sistem informasi penjualan barang yang berbasis local area network(LAN) yang nantinya jika penelitian ini berhasil bisa membantu Unit Usaha Toko di Koperasi TKBM Samudera Sejahtera dalam melakukan penjualan barang.

Penelitian ini dilakukan pada Unit Usaha Toko di Koperasi TKBM Samudera Sejahtera Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan proses penjualan barang di Unit Usaha Toko. Dengan cara observasi, yaitu mengadakan pengamatan secara langsung ke Unit Usaha Toko. Dan dengan mempelajari buku-buku literature yang berhubungan dengan sistem informasi penjualan barang.

Dalam penelitian ini metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu model waterfall dengan alat bantu yang digunakan adalah Flow Of Document, Context Diagram, Data Flow Diagram, dan Hierarchy plus Input-Process-Output.

Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni berupa sistem informasi penjualan barang berbasis local area network (LAN) yang dapat mempermudah kasir dalam rangka melayani pembeli dan menghitung transaksi penjualan. Membantu admin dalam pemrosesan data penjualan dan pembuatan laporan. Serta mempermudah bendahara dan pimpinan untuk mengawasi kegiatan penjualan yang dilakukan di Unit Usaha Toko Koperasi TKBM Samudera Sejahtera Samarinda.

References

Budiharto, Widodo, S.Si, 2001, Aplikasi Database dengan SQL Server 2000 & Visual Basic 6.0, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Habraken, Joe, 2002, Penuntun 10 menit Microsoft Access 2002, Yogyakarta : Andi

Jogiyanto, 2001, Analisis & Disain Sistem Informasi, Yogyakarta : Andi

Kadir, Abdul, 2009, Dasar Perancangan & Implementasi Database Relasional, Yogyakarta : Andi.

Kristanto, Andri, 2003, Perancangan Sistem Informasi & Aplikasi : Informatika Bandung

Kurniawan, Wiharsono, 2007, Jaringan Komputer, Yogyakarta : Andi

Madcoms, 2002, Panduan Pemrograman Database Visual Basic 6.0 dengan Crystal Report, Yogyakarta : Andi

Downloads

Published

2018-02-28

How to Cite

Hakim, A. R., Lathyf, A. and Rosita, N. (2018) “SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS LOCAL AREA NETWORK (LAN) PADA UNIT USAHA TOKO DI KOPERASI TENAGA KERJA BONGKAR MUAT (TKBM) SAMUDERA SEJAHTERA SAMARINDA”, Sebatik, 11(1), pp. 13–19. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/95 (Accessed: 19 April 2024).

Issue

Section

Articles