PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI BINARY TREE BERBASIS CAI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DISKRIT MAHASISWA JURUSAN PTI UNDIKSHA

Authors

  • Dessy Seri Wahyuni Universitas Mulawarman
  • Ketut Agustini Universitas Mulawarman

Keywords:

Simulasi Binary tree berbasis CAI, Pembelajaran Matematika diskrit, respon, hasil belajar, motivasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan produk yang dihasilkan melalui pengujian secara eksperimen,
untuk mengetahui efektifitas produk terhadap tingkat penguasaan konsep mahasiswa jurusan Pendidikan
Teknik Informatika Undiksha. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan
desain post test dengan kelompok eksperimen dan kontrol yang tidak diacak. Hasil penelitian diperoleh bahwa
respon mahasiswa terhadap penggunaan sistem simulasi binary tree berbasis CAI dalam perkuliahan
matematika diskrit adalah positif dan Motivasi belajar mahasiswa masuk dalam kategori tinggi. Pengujian
rumusan hipotesis yang dilakukan dengan uji t (student) diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan Media Simulasi binary tree berbasis
CAI dengan mahasiswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan Media Simulasi binary tree berbasis CAI. Hal
ini menunjukkan bahwa simulasi binary tree berbasis CAI merupakan media yang efektif digunakan untuk
meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dalam perkuliahan matematika diskrit di jurusan Pendidikan
Teknik Informatika Undiksha Singaraja.

Published

2013-11-01

How to Cite

Wahyuni, D. S. and Agustini, K. (2013) “PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI BINARY TREE BERBASIS CAI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DISKRIT MAHASISWA JURUSAN PTI UNDIKSHA”, Prosiding SeNAIK, pp. 386–393. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/senaik/article/view/175 (Accessed: 25 November 2024).

Issue

Section

Articles