PENERAPAN ALGORITMA TABU SEARCH PADA SISTEM PENJADWALAN UJIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA

  • Siti Lailiyah
Keywords: Sistem Penjadwalan, Tabu Search

Abstract

Masalah Penjadwalan ujian tugas akhir mahasiswa merupakan suatu yang kompleks dimana inti dari masalah ini adalah bagaimana menjadwalkan berbagai komponen yang terdiri dari mahasiswa, dosen, hari, dan jam dengan memperhatikan sejumlah batasan dan syarat tertentu.

Penelitian ini mengambil studi kasus di STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda khususnya pada prodi Teknik Informatika dimana masalah penjadwalan ujian tugas akhir ini masih dikerjakan secara manual, setiap mahasiswa yang datang ke prodi mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian tugas akhir, kemudian meminta waktu kosong para pembimbing dan penguji untuk mencari kesepakatan waktu sehingga dapat dijadwalkan untuk ujian. Hal ini mengakibatkan kesulitan dalam penjadwalan serta sering terjadi jadwal yang bentrok.

Pada Penelitian ini akan mencoba untuk mengimplementasikan algoritma Tabu Search dalam pencarian kecocokan jadwal ujian tugas akhir. Tabu Search dinilai efektif karena memiliki karakter yang unik dimana dalam pencarian menggunakan memori yang fleksibel. Struktur memori itu akan membolehkan pencarian terus dilakukan sehingga menghasilkan candidate solution yang lengkap.

References

Desiani, 2006, Anita & Arhami, Muhammad, Konsep Kecerdasan Buatan, Yogyakarta, ANDI
Setemen, 2008, Komang, Optimasi Generate Jadwal Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Genetika dan Tabu Search, Jakarta
Glover, 1997, Fred & Laguna, Manuel, Tabu Search, London, Kluwer Academic Publishers
Quatrani, Terry, 2001, Visual Modelling With Rational Rose 2000 and UML, Unitede State of America
Sommerville, Ian, 2003, Software Engineering Jilid 1, United Kingdom, Erlangga
Sommerville, Ian, 2003, Software Engineering Jilid 2, United Kingdom, Erlangga
Published
2020-11-30
Section
Articles