MEMBANGUN SIDE SCROLLING GAME FLYING ENGGANG BERBASIS ANDROID DENGAN GODOT ENGINE

  • Cladio Alessandro Ryan Tobi STMIK Widya Cipta Dharma
  • Reza Andrea STMIK Widya Cipta Dharma
  • Andi Yusika STMIK Widya Cipta Dharma
Keywords: Enggang, Mobile Game, Side Scrolling.

Abstract

Mobile game adalah sebuah game yang didesain dan dimainkan melalui mobile devices, seperti PDA, smartphone, tablet PCs, dan portable media player. Dan sekarang ini, mobile game telah dibuat di berbagai macam platform seperti Symbian, Apple IOS, Android serta Windows Phone. Game Flying Enggang adalah game yang bergenre Arcade atau Side Scrolling yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Godot Engine yang bersifat open source dalam pembuatan game ini. Game Flying Enggang ini memiliki konsep yang bertujuan untuk menguji konsentrasi seseorang dalam menerbangkan burung Enggang sebagai karakter utama sehingga dapat meloloskan diri dari rintangan yang berupa tiang dan mendapatkan poin atau nilai sebanyak-banyaknya. Game Flying Enggang ini juga bertujuan untuk memperkenalkan beberapa bangunan icon yang ada di kota Samarinda. Dalam penelitian ini metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu tahapan pengembangan multimedia dan berbasis android. Kesimpulan dari penelitian ini berupa game flying enggang berbasis android yang menggunakan Godot Engine yang dapat memperkenalkan beberapa icon bangunan di kota Samarinda serta burung Enggang sebagai hewan khas Kalimantan Timur.

References

Asbudi. 2015. Membangun Side Scrolling Game “Grim Reaper Flying In The Darknes”. Samarinda : STMIK WICIDA Samarinda.
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta.
Chair, Muhid. 2017. Membangun Game “Farming Gyro Pixel” Menggunakan Unity 2D. Samarinda : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Widya Cipta Dharma.
Chris, Bradfield. 2018. Godot Engine Game Development Projects. Milwaukee.
Fadhilah, Nida. 2018. Penciptaan Game 2D Visual Novel “Dice Detective” The Liar-Jewelry. Yogyakarta : Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Henry, 2010. Cerdas Dengan Game. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Janner, Simarmata. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak,Yogyakarta: Andi
Muhid Chair, Romy. 2017. “Membangun Game Farming Gyro Pixel Menggunakna Unity 2D”. Samarinda : STMIK Widya Cipta Dharma
Nazruddin, Safaat. 2012. (Edisi Revisi). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.
Nugroho, Adi. 2010. “Rekayasa perangkat lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDP”. Yogyakarta : penerbit Andi Offset.
Pressman, Roger. 2012. “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi”. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
Riski Catur, Putra. 2016. “Pembuatan Game Edukasi Pintar Memilih Sampah Berbasis Android”. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sambodo, Leno. 2013. “Sejarah Adobe Photoshop”. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Umum.
Shalahuddin, Muhammad. 2011. “Modul Pembelajaran: Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek”. Modula. Bandung
Sugiarti, 2013. “Analisis & Perancangan UML Generated VB.6”. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Published
2019-01-01
Section
Articles