APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TADJWID BERBASIS ANDROID

Authors

  • Siti Qomariah Sistem Informasi, Fakultas Usuhluddin Adab dan Dakwah

DOI:

https://doi.org/10.46984/inf-wcd.2239

Keywords:

Pembelajaran, Ilmu Tadjwid, Android

Abstract

Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna dalam mempelajari ilmu tajwid secara praktis dan mudah melalui smartphone Android. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, antara lain materi pembelajaran ilmu tajwid yang lengkap, contoh penggunaan dalam ayat Al-Quran, latihan soal interaktif, dan pengaturan suara dan animasi untuk membantu pengguna memahami dengan lebih mudah.Untuk membuat aplikasi ini, langkah pertama yang dilakukan adalah merancang struktur aplikasi dan mengumpulkan materi pembelajaran ilmu tajwid yang lengkap dan mudah dipahami. Selanjutnya, aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan platform Android Studio.Fitur aplikasi ini dibuat dengan memanfaatkan teknologi suara dan animasi, sehingga pengguna dapat memahami konsep ilmu tajwid dengan lebih mudah. Pengguna juga dapat melatih pemahaman ilmu tajwid melalui latihan soal interaktif yang disediakan dalam aplikasi.Hasil dari pembuatan aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang mudah digunakan dan efektif dalam membantu pengguna mempelajari ilmu tajwid. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu meningkatkan pemahaman umat Islam terhadap ilmu tajwid, sehingga mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar

References

Dewi, N. K. C., Anandita, I. B. G., Atmaja, K. J., & Aditama, P. W. (2018). Rancang bangun aplikasi mobile siska berbasis android. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(2), 100–107.
Juharna, J., Krisnadewi, S., & Firdaus, A. F. (2016). Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ilmu Tajwid Pada Pondok Pesantren Al-Mansyuriyah. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 6(2).
Maarif, V., Nur, H. M., Rahayu, W., Informatika, M., & Informatika, T. (2018). Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android. Jurnal Evolusi, 6(1), 91–100.
Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(4), 125–130.
Nurajizah, S., & Aziz, E. (2018). Pembelajaran Pengenalan Lafadz Tajwid Untuk Siswa Madrasah Berbasis Multimedia Pada MTsN 1 Kota BEKASI. Jurnal Mantik Penusa, 2(2).
Rosaly, R., & Prasetyo, A. (2019). Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan. Academia.
Satria, E., Tresnawati, D., & Nurvitrya, A. (2015). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Iqra’dan Tajwid Berdasarkan Metode Asy-Syafi’i Menggunakan Sistem Multimedia. Jurnal Algoritma, 12(1), 74–81.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sudiarjo, A., Mariana, A. R., & Nurhidayat, W. (2015). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global, 5(2).
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. J. Ilmu-Ilmu Inform. Dan Manaj. STMIK, No. November, 1–5.

Downloads

Published

2022-07-17

How to Cite

Qomariah, S. (2022). APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TADJWID BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika Wicida, 12(2), 69–75. https://doi.org/10.46984/inf-wcd.2239

Issue

Section

Articles