SISTEM PAKAR ANALISIS PENJAMINAN MUTU BERSTANDAR ISO 9004 PADA PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Heny Pratiwi

Keywords:

Sistem Pakar, Penjaminan Mutu, ISO 9004

Abstract

Sebuah sistem mutu yang dilaksanakan secara komprehensif adalah cara terbaik bagi perguruan tinggi
untuk memastikan bahwa produk dan layanan akan memenuhi kebutuhan pelanggan secara konsisten, dalam
hal ini adalah mahasiswa/mahasiswi, dosen dan seluruh staff di Perguruan tinggi tersebut. Seri ISO 9004
adalah standar kualitas yang dapat diterapkan untuk suatu sistem mutu. ISO 9004 merupakan pedoman
menuju kinerja sistem manajemen mutu yang sudah dikenal lebih dulu yaitu ISO 9001 versi 2000. Pada
standar ini sudah dijelaskan bahwa ISO 9004 adalah pasangan konsisten yang didesain untuk melengkapi
persyaratan ISO 9001:2000, namun dalam aplikasinya bisa juga digunakan secara mandiri. Walaupun kedua
standar internasional tersebut mempunyai ruang wilayah yang berbeda, namun keduanya tetap mempunyai
struktur yang serupa agar bisa membantu aplikasi penjaminan mutu. ISO 9004 telah diadopsi sebagai standar
nasional oleh negara-negara besar di dunia. Tujuan utama dari penulisan ini adalah untuk menjelaskan suatu
pengukuran Gauging Absence On Prerequisites (GAP) yang dianalisis melalui suatu Sistem Pakar. Penulisan
ini terdiri dari empat bagian. Bagian pendahuluan dimaksudkan untuk para pengguna yang ingin menerapkan
ISO 9004:2009 di institusi mereka, Kedua adalah bagian rekomendasi yang menyarankan ISO 9004, Ketiga,
bagian analisis GAP yang merupakan inti dari sistem pakar yang mengidentifikasi antara persyaratan GAP
dengan keadaan yang terjadi pada saat ini sehingga, dapat menghasilkan informasi yang baik. Dibagian
terakhir yaitu pemecahan masalah, Sistem juga menyediakan berbagai solusi masalah untuk beragam
permasalahan yang ada terutama tentang penjaminan mutu berstandar ISO 9004.

Published

2013-11-01

How to Cite

Pratiwi, H. (2013) “SISTEM PAKAR ANALISIS PENJAMINAN MUTU BERSTANDAR ISO 9004 PADA PERGURUAN TINGGI”, Prosiding SeNAIK, pp. 180–186. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/senaik/article/view/140 (Accessed: 17 July 2024).

Issue

Section

Articles