ANALISIS FAKTOR MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN TINGKAT KEHADIRAN DOSEN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN FUZZY QUANTIFICATION THEORY

Authors

  • Hindayati Mustafidah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Suwar sito Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

pengaruh, motivasi belajar, kehadiran dosen, FQT

Abstract

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa motivasi belajar memiliki dampak pada prestasi belajar mahasiswa. Hasil
penelitian lain menyebutkan bahwa ada pengaruh dari kehadiran dosen dalam perkuliahan terhadap tingkat
kelulusan mahasiswa dalam suatu mata kuliah. Penelitian ini menganalisa bagaimana pengaruh faktor motivasi
belajar mahasiswa dengan tingkat kehadiran dosen terhadap tingkat kelulusan mahasiswa dalam perkuliahan yang
ditunjukkan oleh persentase nilai minimal B. Penelitian ini menggunakan metode teori kuantifikasi fuzzy (FQT).
Berdasarkan delapan indikator dalam motivasi belajar yaitu 1) tekun menghadapi tugas, 2) ulet menghadapi
kesulitan, 3) menunjukkan minat yang tinggi, 4) senang bekerja mandiri, 5) tidak cepat bosan pada tugas-tugas
yang rutin , 6) dapat mempertahankan pendapat, 7) tidak mudah melepaskan hal yang diyakini, dan 8) senang
memecahkan masalah diperoleh hasil bahwa senang memecahkan masalah yang dilakukan oleh mahasiswa
memberikan kontribusi paling besar dalam menyumbang tingkat kehadiran dosen dalam perkuliahan pengaruhnya
terhadap ketercapaian persentase nilai kelulusan dalam mata kuliah minimal B

Published

2013-11-01

How to Cite

Mustafidah, H. and sito, S. (2013) “ANALISIS FAKTOR MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN TINGKAT KEHADIRAN DOSEN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN FUZZY QUANTIFICATION THEORY”, Prosiding SeNAIK, pp. 536–543. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/senaik/article/view/199 (Accessed: 24 November 2024).

Issue

Section

Articles