ANALISIS USABILITY APLIKASI INTERNET BANKING DENGAN MENGADOPSI MODEL KEPUASAAN PENGGUNA

Authors

  • Rasmila Rasmila
  • Syahril Rizal

Keywords:

Usability, Internet Banking, User Satisfaction

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis aspek usability yang mempengaruhi sikap penerimaan
pengguna sistem terhadap aplikasi. Manfaat aplikasi diukur berdasarkan parameter-parameter kepuasaan
pengguna (User Satisfaction) terhadap aplikasi. Kecenderungan sikap penolakan dan atau penerimaan
terhadap aplikasi melalui kegiatan survei diharapkan dapat memberikan masukan untuk penyempurnaan
aplikasi di kemudian hari. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah faktor kepuasaan pengguna dalam
penggunaan layanan Internet Banking mempengaruhi keputusan penggunaan layanan Internet Banking.
Jumlah sampel sebesar 20% dari jumlah keseluruhan dari jumlah populasi yang menggunakan Internet
Banking di Mandiri Cabang A. Rivai Palembang sebagai sampel dengan jumlah 69 nasabah. Metode
penelitian menggunakan survei dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpukan data
menggunakan kuesioner yang diberikan kepada nasabah yang menggunakan fasilitas internet banking. Hasil
analisis menunjukkan bahwa variabel ease of use, customization, download delay dan content mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Published

2018-03-10

How to Cite

Rasmila, R. and Rizal, S. (2018) “ANALISIS USABILITY APLIKASI INTERNET BANKING DENGAN MENGADOPSI MODEL KEPUASAAN PENGGUNA”, Prosiding SeNAIK, pp. 213–219. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/senaik/article/view/145 (Accessed: 24 November 2024).

Issue

Section

Articles