E-READINESS FRAMEWORK ADOPSI CLOUD COMPUTING PADA PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Soni Fajar Surya Gumilang
  • Kridanto Surendro

Keywords:

eReadiness, Cloud Computing, Enterprise Enabler COBIT 5

Abstract

Perguruan tinggi (PT) diakui sebagai salah satu pilar pembangunan masyarakat. Dengan semangat Tri
Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian
kepada masyarakat, perguruan tinggi dituntut untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan kehidupan
masyarakat suatu negara. Namun adakalanya kegiatan operasional tersebut berdampak kepada kebutuhan
dana yang tidak sedikit sehingga tidak jarang perguruan tinggi dengan dukungan dana minim mengalami
kesulitan dalam melakukan proses kegiatan operasionalnya tersebut. Hadirnya teknologi cloud computing
dirasa dapat menjadi sebuah solusi efektif dan efisien bagi perguruan tinggi dalam menjalankan kegiatan
operasionalnya. Tantangan yang harus dihadapi organisasi perguruan tinggi pada saat akan mengadopsi
teknologi baru seperti cloud computing, tentunya akan sangat berhubungan dengan adanya kesiapan
teknologi informasi (TI) atau eReadiness dari para pengguna dilingkungan sistem tersebut. Karena alasan
itulah kerangka kerja eReadiness perlu digunakan untuk melakukan pengukuran tingkat kesiapan TI, agar
proses adopsi dapat berjalan dengan baik. Pada makalah ini akan dibahas dimensi enabler apa saja yang
berpengaruh terhadap eReadiness cloud computing di perguruan tinggi, dan bagaimana posisi eReadiness PT
di kota Bandung dalam mengadopsi cloud computing. Dengan menggunakan dimensi enabler enterprise
tatakelola TI dari COBIT 5, framework eReadiness akan dirancang dengan tujuan dihasilkannya sebuah tools
untuk mengukur tingkat kesiapan berbasis model penilaian kematangan (matutiry level)

Published

2018-03-10

How to Cite

Gumilang, S. F. S. and Surendro, K. (2018) “E-READINESS FRAMEWORK ADOPSI CLOUD COMPUTING PADA PERGURUAN TINGGI”, Prosiding SeNAIK, pp. 224–226. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/senaik/article/view/147 (Accessed: 17 July 2024).

Issue

Section

Articles