PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

  • Syamsuddin Malala
  • Basrie Basrie STMIK Widya Cipta Dharma
Keywords: Aplikasi, Pembelajaran Matematika, Sekolah Dasar, Android

Abstract

Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Aplikasi pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar ini menyediakan beberapa materi matematika dan latihan soal untuk pembelajaran siswa/siswi sekolah dasar. Aplikasi pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar ini dikembangkan dengan metode pengembangan sistem prototype, metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, kuisioner dan studi pustaka, analisa perancangan sistem dengan menggunakan flowchart. Dalam mengembangkan aplikasi pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar digunakan bahasa pemrograman Java, HTML, Eclipse sebagai editor android, dan Adobe Photoshop sebagai editor image. Metode pengujian aplikasi pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar menggunakan metode pengujian White Box Testing dan Beta Testing.

Dengan adanya aplikasi ini, maka siswa/siswi sekolah dasar dapat membaca dan melatih kemampuan dalam bidang ilmu matematika dengan adanya materi dan latihan soal pada smartphone android yang dapat dibawa kemana saja.

References

Asiyah. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika. Semarang : Institut Agama Islam Negeri Walisongo Astuti, Juli. 2014. Aplikasi Pembelajaran Matematika SD Berbasis Android. Samarinda : Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Widya Cipta Dharma. Elliani. 2014. Membangun Edugame “Smart & Fun Hijaiyah “ Berbasis Android. Samarinda : Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Widya Cipta Dharma. http://komunikasi.us/index.php/course/1122-apa- itu-mobile http://marxistdanmedia.blogspot.co.id/2010/03/min d-share-market-share-dan-commitment.html http://www.rumusmatematika.org/2015/06/rumus- luas-dan-keliling-bangun-datar.html http://www.rumusmatematika.org/2015/06/bangun- ruang.html http://math-succes.blogspot.co.id/2014/12/teori- hirarki-belajar-dari-robert-m.html http://techijau.com/urutan-versi-nama-android/ Madcom. 2008. Panduan Lengkap Untuk Teknisi Komputer. Yogyakarta : Andi. Muhammad, Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran : Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula Bandung Mustofa. 2011. “Dasar Matematika”, http://mustofa19.com/frd/ di akses 27 November 2014 Oktananta, Bayu. 2015. Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Matematika Dasar Berbasis Multimedia pada SD Negeri 020 Tenggarong. Samarinda : Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Widya Cipta Dharma. Pandia, Henry. 2006. Basis Data. Jakarta :Erlangga Prasesti, Eka Wahyu. 2015. Aplikasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Berbasis Android. Samarinda : Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Widya Cipta Dharma Safaat, Nazruddin. 2012. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Table PC Berbasis Android. Bandung : Informatika Santoso, Adhi Kusumo. 2012. Aplikasi Kamus Istilah Komputer dan Informatika Berbasis Android. Samarinda : Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Widya Cipta Dharma. Simarmata. Janner. 2010,Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi. Sudjana. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Supriyanto, Dwi Joko. 2013. Aplikasi Pembelajaran Matematika SMP Untuk Bekal Menghadapi UAN Berbasis Android. Surakarta : Universitas MuhammadiyahSurakarta. Titing, Kamsiyati. 2009. Asyiknya Belajar Matematika 5. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Published
2021-01-02
Section
Articles