PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO UNTUK PEMBELAJARAN DARING BAGI DOSEN DILINGKUNGAN STMIK WIDYA CIPTA DHARMA
DOI:
https://doi.org/10.46984/inf-wcd.1215Keywords:
Pelatihan, Video Pembelajaran, Dosen, STMIK Widya Cipta DharmaAbstract
Pembelajaran daring merupakan konsep yang sudah banyak diterapkan oleh negara maju. Negara berkembang seperti indonesia tidak mau ketinggalan dalam konsep pembelajaran daring ini. STMIK Widya Cipta Dharma merupakan perguruan tinggi yang ikut bertransformasi digital melakukan kegiatan belajar dengan memanfaatkan teknologi internet. Salah satu metode pembelajaran daring di STMIK Widya Cipta Dharma adalah mengupload video pembelajaran. Kendala yang dihadapi adalah tidak semua dosen yang mahir atau memiliki kemampuan dalam pembuatan video khususnya dalam penggunaan software Filmora, pada pelaksanaan pengapdian masyarakat ini ditujukan untuk dosen STMIK Widya Cipta Dharma dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan kreatifitas dosen, Mengubah gaya mengajar konvesional tatap muka menjadi daring, dan merupakan alternatif belajar yang tidak mengharuskan dosen atau mahasiswa untuk hadir dikelas. Dalam pelaksanaanya pemateri memberikan ceramah dan praktek membuat video yang dihubungkan dengan LCD Proyektor. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan dosen mampu memahami dan lebih kreatif dalam pembuatan video pembelajaran.
References
Nida, Haifa Hanifatun. 2020. “Penerapan Model Poe2We Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Fisika Dengan Bantuan Aplikasi Filmora Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Psikomotor Siswa.”
Prihantini, Ciptaningrum, and Gesang Kristianto Nugroho. 2013. “Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Dengan Menggunakan Komputer Multimedia.” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer 5(1): 1–5.
Zhafira, Nabila Hilmy, Yenny Ertika, and Chairiyaton. 2020. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19.” Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen 4: 37–45.