SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN DENGAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA)

Authors

  • Nur Hakim STMIK Widya Cipta Dharma
  • Basrie Basrie Universitas Islam Negri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.46984/inf-wcd.1941

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Penerimaan Karyawan, MOORA

Abstract

Penerimaan karyawan yang ideal bagi perusahaan menjadi salah satu upaya yang tepat untuk menghadapi dan merespon segala tantangan yang berkaitan dengan perubahan lingkungan strategis, PT. Barqun Digital Teknologi mengadakan pemilihan karyawan baru secara mandiri yang diambil melalui proses serangkaian seleksi yang diadakan. Kendala yang dihadapi adalah proses seleksi sering dipengaruhi oleh faktor subjektifitas dan belum memiliki standar/kriteria yang jelas sehingga dapat menyebabkan terpilihnya karyawan yang kurang tepat. Solusinyadibangunsistem pendukung keputusan untuk pemilihan karyawan baru dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh PT. Barqun Digital Teknologi menggunakan metode pengambilan keputusan yaitu Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA)

References

Fathoroni, Annisa., Fatonah, Rd. Nuraini Siti., Andarsyah, Roni. dan Riza, Noviana. 2020. Buku tutorial sistem pendukung keputusan penilaian kinerja dosen menggunakan metode 360 degree feedback. Bandung: CV. Kreatif Industri Nusantara.
Jumardi, Rio. 2019. WEBSITE STATIS: Konsep dan Praktik HTML - CSS. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mulyani, Sri. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.
Muslihat. 2020. Kepala Madrasah Pada PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Muslihudin, Muhamad. dan Oktafianto. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Nofriansyah, Dicky. dan Defit, Sarjon. 2017. Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Pratiwi, Heny. 2016.Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Downloads

Published

2022-08-09

How to Cite

Hakim, N., & Basrie, B. (2022). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN DENGAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA). Jurnal Informatika Wicida, 11(1), 34–41. https://doi.org/10.46984/inf-wcd.1941