MEMBANGUN APLIKASI MANCORING BERBASIS ANDROID DENGAN MENERAPKAN REST API STUDI KASUS PADA PT TELKOM AKSES AREA SAMARINDA

  • Ita Arfyanti STMIK Widya Cipta Dharma
  • Tabrani Rija STMIK Widya Cipta Dharma
  • Dana Sudana Hakim STMIK Widya Cipta Dharma
Keywords: Mancore, REST, API, Android, Telkom Akses

Abstract

Mancore merupakan kepanjangan dari manajemen core di dalam konstruksi pembangunan/penyebaran jaringan berbasis fiber optic oleh Telkom Group, dimana mancore merupakan salah satu proses penting di dalamnya. Proses mancoring ini pun terjadi disetiap waktu, mulai dari awal pembangunan bahkan ketika proses perawatan ketika jaringan fiber optic telah terbangun.

Mancoring di lapangan biasa dikerjakan oleh teknisi di satu unit ODC, dimana perlu sebuah pencatatan untuk setiap core, mengingat banyaknya core yang ada di satu unit ODC, mungkin dengan pencatatan manual di kertas sudah bisa menjadi solusi, kemudian dimasukkan ke dalam sebuah file excel untuk disatukan dengan data core dari ODC lain untuk keperluan data, tetapi ini cukup memakan waktu. Sehingga ini menjadi alasan dibangunnya aplikasi/sistem mancoring untuk teknisi dengan berbasis android, karena hampir setiap teknisi memiliki smartphone android, ketika data untuk core disetiap ODC bisa diinput melalui android maka ini sudah bisa memangkas beberapa pekerjaan teknisi, terutama mencatat data core dengan manual tadi.

References

Amin. 2017, Implementasi REST API pada Aplikasi Panduan Kepaskibraan Berbasis Android. Purwokerto.
Gat. 2017, Pemanfaatan Web Service XML Untuk Membangun Sistem Informasi Online Berbasis Extension Android. Pontianak.
Nurdiyah. 2018, Restful Web Service Sistem Prefensi Mahasiswa (Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang). Semarang.
Sulihati. 2016, Aplikasi Akademik Berbasis Android Pada Universitas Jagakarsa. Jakarta.
Published
2019-01-01
Section
Articles