SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KEBOCORAN PIPA AIR BERBASIS WEB PERUMDAM TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA

Authors

  • Hernando Saputra Sistem Informasi, STMIK Widya Cipta Dharma
  • Tommy Bustomi Teknik Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma
  • Ita Arfyanti Sistem Informasi, STMIK Widya Cipta Dharma

DOI:

https://doi.org/10.46984/inf-wcd.1957

Keywords:

Sistem Informasi Geografis, Laporan Kebocoran

Abstract

SIG adalah suatu sistem informasi berbasiskan komputer untuk menyimpan, mengelola dan menganalisis, serta memanggil data bereferensi geografis. Dengan memanfaatkan SIG akan memberikan kemudahan kepada pengguna atau para pengambil keputusan untuk kebijakan yang akan diambil, khususnya yang berkaitan dengan aspek keruangan (spasial).

Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk membantu dalam pencarian titik lokasi kebocoran pipa Perumda Air Minum Tirta Kencana Kota Samarinda dan menurunkan tingkat kehilangan air dalam kebocoran pipa air.

Metode penelitian menggunakan metode Waterfall yang mempunyai 5 tahapan yaitu Analisis Sistem, Perancangan, Pemrograman, Pengujian, dan Perawatan. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan pengujian Blackbox-Testing dan pengujian Beta-Testing Adapun hasil akhir dari peneltian ini yakni berupa rekomendasi untuk meningkatkan suatu informasi geografis yang dapat bekerja dengan baik pada Perumda Air Minum Tirta Kencana Kota Samarinda.

References

Agung Baitul Hikmah., dkk., 2015., Cara Cepat Membangun Website dari Nol Studi Kasus : Web Dealer Motor. Yogyakarta : CV. Andi Offset
Alexander F.K Sibero. 2013. Web Programing Power Pack.mediaKom.Yokyakarta.
Alwy. 2016. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Wisata Di Samarinda Menggunakan Google API Berbasis Web. Samarinda: STMIK Widya Chipta Dharma.
Anggoro, TI. d. (2019). Analisis Sebaran Mahasiswa Departemen Teknik Geodesi Universitas Diponegoro Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Jurnal Geodesi Undip, 2-3
A.S. Rosa, M. Shalahuddin, 2011, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung :Modula.
Eka, Yulian Pradhana. 2017. Pembuatan Website Repository Buku Ajar Politeknik NSC Surabaya dengan Menggunakan PHP Dan MYSQL. Surabaya: Politeknik NSC.
Embun Fajar Wati dan Arvin Anggoro Kusumo. 2016. Penerapan Metode Unified Modeling language (UML) Berbasis Dekstop Pada Sistem Pengolahan Kas Kecil Studi Kasus Pada PT Indo Mada Yasa Tangerang, UNSIKA Syntax Jurnal Informatika. Vol : 5.
Fitnanda, Fahmi. 2014. Sistem Informasi Administrasi Perjalanan Dinas pada Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur di Biro Umum. Samarinda: STMIK Widya Chipta Dharma.
Geovani, Ahmad Gifari. 2016. Sistem Informasi Geografis Layanan Masyarakat Tentang Pengaduan Dan Gangguan Distribusi PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda. Samarinda: FIKTIUNMUL.
Ginanjar, T. (2014). Rahasia Membangun Website Toko Online Berpenghasilan Jutaan Rupiah. Bandung: Iffahmedia.
Haryati, Fita. 2015. Sistem Informasi Geografis Untuk Membantu Pencarian Lokasi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah Pada Kota Samarinda. Samarinda: STMIK Widya Chipta Dharma.
Indarto. 2013. Sistem Informasi Geografis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nuradika, Yonanda. 2017. Analisis dan Perancangan Desain Sistem Informasi Geografis Berbasis Web pengaduan Pelanggan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Salatiga. Salatiga: Garuda
Nofyat. Ibrahim, Adelina. dan Ambarita, Arisandy. 2018. Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website pada PDAM Kota Ternate, Indonesian Journal on Information System. Vol : 3 (1).
Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda. (2021).(https://perumdamtirtakencana.id/about2.html) di akses pada tanggal 18 Maret 2021.
Pressman, 2012. Software Engineering, Metode Waterfall: A Practitioner’s Approach Seventh Edition. New York: McGraw Hill.
Priyanto Hidayatullah, Jauhari Khairul Kawistara (2017), “Pemrograman WEB Edisi Revisi”, Penerbit Informatika, Bandung.
Rifqi Mulyawan, 2021. Pengertian Peta Situs (Sitemap).
Supardi, Julian. 2015. Materi Kuliah Black-Box Testing
Snadhika, Tri Jaya. 2018. Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis , Jurnal Informatika : Jurnal Pengembangan IT (JPIT). Vol : 03.
Verawati dan Liksha, P. D. 2018. Aplikasi Akuntansi Pengolahan Data Jasa Service pada PT. Budi Berlian Motor Lampung, Jurnal Sistem Informasi Akuntansi. Vol : 1.

Downloads

Published

2022-07-17

How to Cite

Saputra, H., Bustomi, T., & Arfyanti, I. (2022). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KEBOCORAN PIPA AIR BERBASIS WEB PERUMDAM TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA. Jurnal Informatika Wicida, 12(2), 55–62. https://doi.org/10.46984/inf-wcd.1957

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)