PROTOTIPE ALAT PERAWATAN IKAN HIAS MENGGUNAKAN NODEMCU BERBASIS IOT (Internet of Things)

Authors

  • Salmon Salmon Sistem Informasi, STMIK Widya Cipta Dharma
  • Heny Pratiwi Sistem Informasi, STMIK Widya Cipta Dharma
  • Achmad Sadzali Muftisjar Sistem Informasi, STMIK Widya Cipta Dharma

Keywords:

Perawatan, Ikan Hias, NodeMCU, Internet of Things (IOT)

Abstract

Penelitian ini dilakukan agar dapat membuat alat perawatan ikan hias menggunakan NodeMCU berbasis IOT (Internet Of Things). Menggunakan aplikasi android sebagai kontroll yang dapat digunakan secara online agar mempermudah pengguna dalam merawat ikan hias.

Penelitian ini dilakukan di Toko Gio Art Aquarium. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan proses perawatan ikan hias. Dalam penelitian ini metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu Prototyping atau model prototype, dengan perangkat keras pendukung yang digunakan adalah NodeMCU ESP8266, Arduino Nano, Sensor Suhu LM35, Real Time Clock, Liquid Crystal Display, Motor Servo, Kabel Jumper dan perangkat lunak pendukung yang digunakan adalah Arduino IDE, Fritzing, Kodular dan Firebase. Dalam pengggujiannya menggunakan motede Black Box dan White Box.

References

Burange, A. W., &Misalkar, H. D. 2015. Review of Internet of Things in Development of Smart Cities with Data Management & Privacy.
Ekojono, dkk. 2018. Pemrogaman Spreadsheet Untuk Pemodelan Kontrol Rangkaian Elektronika. Malang: Polinema Press.
Hardyanto, R, H. 2017. Konsep Internet Of Things Pada Pembelajaran Berbasis Web. Jurnal Dinamika Informatika Volume 6, No 1, Februari 2017 ISSN 1978-1660 : 87 - 97 ISSN online 2549-8517.
Sujarwata. 2013. Pengendalian Motor Servo Berbasis Mikrokontroler Basic Stamp 2SX Untuk Mengembangkan Sistem Robotika. Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sumardi dan Anggoro, M.N. 2016. SistemKontrolPengisian Air otomatis Dengan Sumber Suplai Berbasis Mikrokontroler (ATMega8535). Jurusan Teknik Elektro, Tanggerang: Universitas Muhammadiyah Tanggerang.
Wahyu. 2012. Peningkatan Produksi Ikan Maanvis Pterophyllumscalare dalam budidaya System Resirkulasi Melalui Peningkatan Padat Tebar. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.
Yatini, Indra. 2011. Flowchart, Algoritma dan pemrograman menggunakan bahasa C++. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Salmon, S., Pratiwi, H., & Muftisjar, A. S. (2023). PROTOTIPE ALAT PERAWATAN IKAN HIAS MENGGUNAKAN NODEMCU BERBASIS IOT (Internet of Things). Jurnal Informatika Wicida, 13(1), 16–24. Retrieved from https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/informatika/article/view/2202

Most read articles by the same author(s)