SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KETUA KOPERASI PADA KOPERASI LEKA MANDIRI MENGGUNAKAN METODE SMARTER BERBASIS WEB

Authors

  • Bartolomius Harpad Sistem Informasi, STMIK Widya Cipta Dharma
  • Amelia Yusnita
  • Helda Priscila

DOI:

https://doi.org/10.46984/inf-wcd.2200

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, SMARTER, Web

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan. Penelitian dilakukan untuk dapat membuat sebuah sistem pendukung keputusan penentuan ketua koperasi berbasis web yang nantinya penelitian ini bisa membantu Koperasi Leka Mandiri dalam melakukan proses pemilihan ketua koperasi.

Penelitian ini dilakukan di Koperasi Leka Mandiri. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan penentuan ketua koperasi. Dengan cara observasi, yaitu mengadakan pengamatan secara langsung ke Koperasi Leka Mandiri. Dalam penelitian ini metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu waterfall, model dengan perangkat lunak pendukung yang digunakan adalah XAMPP, sublime text serta firefox.

Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni berupa aplikasi berbasis website yang dapat menyajikan informasi hasil analisis membantu dalam pengambilan keputusan. Aplikasi penentuan ketua koperasi menggunakan metode SMARTER berbasis web sebagai media yang dapat memberikan informasi secara efektif dan efisien.

References

Alfita R., 2012, Decision Support System of Reserve Building Cultural revitalization determination Using simple Multi-Attribute rating Technique Exploiting Ranks Method, Prosiding Seminas Competitive Advantage II, 1 (2), July 14.
A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Kadir, Abdul. 2013. Buku Pintar Programer Pemula PHP. Yogyakarta: Mediakom.
Prasetya, Ferry. 2012. “Teori Barang Publik.” Dalam Modul Ekonomi Publik. Malang: Universitas Brawijaya.
Rudianto 2015. Manajemen Kearsipan. Jakarta : Bumi Aksara.
Subyantoro, Arief. 2015. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Supono, dan Virdiandry Putratama. 2016. Pemograman Web Dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung : Lingga Jaya.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Harpad, B., Yusnita, A., & Priscila, H. (2023). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KETUA KOPERASI PADA KOPERASI LEKA MANDIRI MENGGUNAKAN METODE SMARTER BERBASIS WEB. Jurnal Informatika Wicida, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.46984/inf-wcd.2200

Most read articles by the same author(s)