APLIKASI PENGENALAN ANGGOTA TUBUH MANUSIA MENGGUNAKAN SWISHMAX PADA TK DARUL FALAH 10 SAMARINDA BERBASIS MULTIMEDIA

Authors

  • Bartolomius Harpad STMIK Widya Cipta Dharma
  • Meilinda Wulandari STMIK Widya Cipta Dharma

DOI:

https://doi.org/10.46984/inf-wcd.1239

Keywords:

Multimedia, SwishMax4, Pengenalan Anggota Tubuh Manusia

Abstract

Dalam sebuah komputer atau perangkat multimedia lainnya terasa tidak lengkap bila tidak terdapat aplikasi pembelajaran. Pembuatan pembelajaran tersebut bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Dalam pembuatan aplikasi ini penulis membuat elemen-elemen yang di gunakan dalam Aplikasi Pembalajaran ini berupa karakter, backsound dan elemen lainnya dengan memanfaatkan tool yang ada pada software SwishMax4 serta penyimpanan musik dan efek suara dengan meng-import ke library dimana dalam library penulis mengorganisasi elemen-elemen tersebut. Elemen yang telah disiapkan dan dibuat kemudian penulis susun dalam scene, layer dan frame sesuai dengan apa yang penulis rancang. Penulis memanfaatkan actionscript dan motion dalam mengatur elemen-elemen pada Aplikasi Pembelajaran ini agar pembelajaran tersebut menjadi lebih menarik untuk diaplikasikan kepada siswa.Hasil akhir dari penelitian ini adalah dihasilkan program aplikasi berbasis Multimedia yang dapat memberikan gambaran jelas mengenai Aplikasi Pengenalan Anggota Tubuh Manusia Menggunakan SwishMax Pada TK Darul Falah 10 Samarinda yang dapat menampilkan informasi tentang bagian-bagian anggota tubuh serta fungsinya.

References

Antinah, Sri. 2014, Mengembangkan Multimedia
Pembelajaran Interaktif.
Arsyad, Azhar. 2011, Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Asyar, Rayanda. 2012, Multimedia Sebagai Media Pembelajaran.
Binanto, Iwan. 2010, Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangan.
Yogyakarta : Andi.
Hariansyah, 2016, Aplikasi Pengenalan Huruf & Angka Berbasis Multimedia Pada SD Tahfidz Qur’an As-Sunnah Samarinda.
Hasugia, 2014, Rancang Bangun Aplikasi E-Reminder Services (Layanan Pengingat Elektronik) UIN Suska Riau.
Hidayat, Rahmad. 2017, Aplikasi Pembelajaran pengenalan Rukun Iman Ke 2 Berbasis Multimedia Pada SD Tahfidz Qur’an Home Schooling As-Sunnah Samarinda.
Indra, Yanti. 2010, Flowchart, Algoritma dan Pemrograman.
Mayer, Richard E. 2009, Multimedia Learing. Surabaya : ITS Press.
Naseer, Muchamad. 2013, Sistem Multimedia. Yogyakarta : Andi
Pahlevy, Randy, Tesar. 2010, Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan.
Rohen W, Johannes. 2011, Color Atlas of Anathomy.
Sujadi. 2017, Aplikasi Pembelajaran Tata Cara Shalat Pada TK Mayang Mekar Tenggarong Seberang Berbasis Multimedia.
Sutopo, Ariesto Hadi. 2012, Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta : PT. Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Harpad, B., & Wulandari, M. (2020). APLIKASI PENGENALAN ANGGOTA TUBUH MANUSIA MENGGUNAKAN SWISHMAX PADA TK DARUL FALAH 10 SAMARINDA BERBASIS MULTIMEDIA. Jurnal Informatika Wicida, 9(2), 63–71. https://doi.org/10.46984/inf-wcd.1239

Issue

Section

Articles